Rabu, 01 Juli 2020

Kesetimbangan Benda Tegar

APLIKASI DUNIA NYATA

Kesetimbangan statis banyak diaplikasikan dalam bidang teknik, khususnya yang

berhubungan dengan desain struktur jembatan. Kalian mungkin sering melewati jembatan untuk menyeberangi sungai atau jalan. Menurut kalian, bagaimanakah kesetimbangan statis suatu jembatan jika dijelaskan secara Fisika?



Gambar: Jembatan Suramadu

Suatu jembatan sederhana dapat dibuat dari batang pohon atau lempengan batu yang disangga di kedua ujungnya. Sebuah jembatan, walaupun hanya berupa jembatan sederhana, harus cukup kuat menahan berat jembatan itu sendiri, kendaraan, dan orang yang menggunakannya. Jembatan juga harus tahan terhadap pengaruh kondisi lingkungan. Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, dibuatlah jembatan-jembatan yang desain dan konstruksinya lebih panjang dan indah, serta terbuat dari material yang lebih kuat dan ringan, seperti baja.

Salah satu contoh jembatan yang ada di Indonesia adalah jembatan gantung.  Jembatan lengkung adalah jembatan yang konstruksinya berbentuk busur setengah lingkaran dan memiliki struktur ringan dan terbuka. Rentang maksimum yang dapat dicapai oleh jembatan ini adalah sekitar 900 m. Pada jembatan lengkung ini, berat jembatan serta beban yang ditanggung oleh jembatan (dari kendaraan dan orang yang melaluinya) merupakan gaya-gaya yang saling berpasangan membentuk tekanan.

Oleh karena itu, selain menggunakan baja, jembatan jenis ini dapat menggunakan batuan-batuan sebagai material pembangunnya. Desain busur jembatan menghasilkan sebuah gaya yang mengarah ke dalam dan ke luar pada dasar lengkungan busur.


0 komentar:

Posting Komentar